LETAK GEOGRAFIS KERAJAAN ACEH

09.54

LETAK GEOGRAFIS KERAJAAN ACEH - Kerajaan Aceh Darussalam mulai awal abad XVI hingga abad XIX (tahun 1873/1874) terletak di ujung sebelah Utara pulau sumatera dan merupakan bahagian paling utara dan paling barat dari kepulauan Nusantara. Di sebelah Barat terbentang Samudera Hindia, sebelah timur dan utara terbentang selat Malaka.

Pada masa itu, selat malaka merupakan jalur perdagangan yang ramai dilauli kapal kapal dari tiongkok dan kepulauan Nusantara ke India. Tempat-tempat strategis di sepanjang selat malaka, saling berganti sebagai pelabuhan niaga dan tempat mengambil perbekalan bagi kapal-kapal yang lewat di Selat Malaka.

Selama beberapa abad, Malaka terkenal sebagai pusat niaga tiga jurusan antara negeri Tiongkok, India, nan negeri-negeri di Asia Tenggara. Selain itu, Malaka dan bandar-Bandar di pantai Selat Malaka berfungsi juga sebagai pusat penyebaran agama Islam yang dilakukan para pedagang Islam yang berasal dari negeri-negeri di Timur Tengah dan juga dari Gujarat. Muncul dan berkembangnya Kerajaan Aceh Darussalam pada abad XVI dan XVII dipengaruhi juga oleh letak geografisnya pada jalur pelayaran selat malaka.




Jangan Lupa Mencantumkan Sumber Jika Mencopy

ACEH - BUMI ISKANDAR MUDA 2008

Artikel Terkait

Previous
Next Post »