PENEMUAN BENUA AFRIKA

22.58
http://priceofhistory.blogspot.com/2016/03/penemuan-benua-afrika.html

PENEMUAN BENUA AFRIKA - Pada masa pra-sejarah, Afrika merupakan benua yang dijadikan sebagai tempat tinggal manusia untuk pertama kalinya. Bartholomeus Diaz, adalah penjelajah Portugis yang berlayar menjelajahi Tanjung Harapan (Cape of Good Hope), selatan Afrika tahun 1488. Raja John II dari Portugal memilih Diaz sebagai ketua ekspedisi untuk berlayar menjelajahi ujung selatan Afrika dengan tujuan untuk  mencari jalur perdagangan baru ke Asia. Diaz pergi dari Lisbon di bulan Agustus, 1487 mengketuai ekspedisi tiga kapal.

Diaz pada awalnya memberi nama Tanjung Harapan sebagai “Tanjung Badai” (Cabo das Tormentas). dan kemudian setelah itu diganti oleh Raja John II dari Portugal menjadi Tanjung Harapan (Cabo da Boa Esperança) karena mewakili pembukaan jalur ke wilayah timur. Ekspedisi berlanjut menuju selatan sepanjang pantai Barat Afrika. Setelah berlayar,Diaz mencapai Golfo daa Conceição (Walvis Bay) saat bulan Desember. Setelah mengitari Tanjung Harapan pada jarak tempuh yang cukup jauh, Diaz berlanjut kearah wilayah timur dan dan menemukan Aguada de Sao bra (Teluk Saint Blaise) yang kemudian berganti nama Mossel Bay 3 Februari 1488.

Ekspedisi Diaz mencapai titik terjauh pada 12 Maret 1488 saat mereka berlabuh di Kwaaihoek, didekat muara Bushman’s River, di mana padrão-the Padrão de São Gregorio dibangun. Sebelum kembali, Diaz sangar ingin terus berlayar ke. India, tapi ia terpaksa kembali saat awaknya menolak untuk melanjutkan perjalanan lebih jauh. dan ia pulang hanya menemukan Tanjung Harapan pada bulan Mei 1488. Penemuan sekitar Afrika sangat berarti karena pada pertama kalinya bangsa Eropa bisa berdagang langsung dengan cepat dengan India dan bagian-bagian lain di Asia, bisa melewati jalur darat melalui Timur Tengah, namun dengan biaya yang mahal.

INFO :
Bartholomeus Diaz (1451 – 1500) merupakan bangsawan Portugis yang bertugas sebagai penjelajah. Ia berlayar ke bagian paling selatan menuju Benua Afrika pada tahun 1488. dia pun seorang Ksatria istana, pengawas gudang kerajaan, dan berlayar.  Raja John II Portugis memerintahkan dia, pada 10 Oktober 1487, sebagai kepala ekspedisi pelayaran di sekitar ujung selatan Afrika dengan harapan mencari jalur perdagangan  ke India. Diaz juga diperintahkan untuk mencari tanah oleh Prester John, yang merupakan seorang pendeta Kristen. Diaz sangat terkenal atas penemuan besarnya yaitu Benua Afrika.

penemu benua eropa penemu benua antartika penemu benua eropa pertama penemu benua asia wikipedia nama penemu benua australia penemu benua atlantis tokoh penemu benua eropa penemu samudra

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
22 Maret 2016 pukul 23.08 delete

Terimakasih gan
postingannya sangat membantu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 Agustus 2020 pukul 09.17 delete

Terimakasih kak,sangat bermanfaat dan membantu

Reply
avatar